Karena Kopi dan Roti, Dosen Prodi DIM UT Laksanakan Abdimas

Berita
Sekretariat Cikal Bakal Berdirinya YUSRO

 Bogor, Indonesia dengan keramahan hutan tropis banyak menghasilkan produk hutan yang dapat untuk dimanfaatkan untuk kesehatan. Dahulu kopi merupakan hasil dari hutan namun kini kopi sudah dibudidayakan menjadi perkebunan. Prospek kopi Indonesia sangat menjanjikan, tahukah para pembaca media ini kopi Indonesia termasuk harga kopi termahal didunia. Diantara banyak jenis kopi ada kopi dari Indonesia  menduduki tertinggi didunia. Tidak diduga  Harga kopi Luwak Indonesia tersebut mencapai US$ 160 per pound atau Rp 2,34 juta per pound.

Seiring dengan tri dharma perguruan tinggi  Dosen Program Studi Doktor Ilmu Manajemen Universitas Terbuka mengangkat tema kopi dan roti. Tema tersebut mengisyaratkan bahwa kopi tanpa gula sudah lazim bahkan disarankan tanpa gula. Minum Kopi tanpa Roti (snack) terasa seperti malam tanpa sinar bulan.

Ketua Program Studi Doktor Ilmu Manajemen DrE. Andriyansah, S.E., M.M. menyatakan bahwa kegaitan pengabdian kepada masyarakat (abdimas) dilaksanakan sebagi wujud tanggung jawab sosial dosen untuk kehidupan bermasyarakat.

Dari empat  proposal abdimas yang diusulkan kepada Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat Universitas Terbuka, namun hanya 2 proposal yang disetujui dilaksanakan.

Pohon Kopi di Desa Mega Mendung

Persetujuan pelaksanaan tersebut berdasarkan nomor kontrak B/517/UN31.LPPM/PM.01.01/2022 untuk judul Peningkatan Kualitas dan Strategi Pengembangan Usaha Kelompok Tani Kopi Silih Asih Megamendung Bogor dan Nomor : B/500/UN31.LPPM/PM.01.01/2022 untuk judul Implementasi Model Bisnis Pesantren Berbasis Digital. Adapun dosen yang terlibat langsung dalam kegiatan tersebut terdiri dari DrE. Andriyansah, S.E., M.M;  Dr. Zainur Hidayah, S.Pi., M.M; Dr. Ira Geraldina, S.E., Ak., M.S.Ak.,CA; Dr. Julia Safitri, S.T., M.M serta Aditya Yuda Nugraha, S.H sebagai penanggung jawab administrasi kegiatan tersebut.

Mitra pelaksanaan kegiatan tersebut berada ditempat yang berbeda untuk YUSRO (Yuk Sedekah Roti) beralamat di SukmaJaya kota Depok dengan cabang berada diseluruh wilayah Indonesia sedang untuk Kopi para dosen tersebut bermitra dengan Usaha Kelompok Tani Kopi Silih Asih Megamendung Kabupaten Bogor.

Pemantapan kegiatan pengembangan usaha kopi ini dilaksanakan bertepatan dengan hari hutan dunia menurut Ira dan Julia, pemilihan hari pemantapan tersebut pada tanggal 21 Maret 2022 agar kita kembali ke alam, sayangi hutan, sayangi lingkungan hijau kita, sebut kedua.

Lebih lanjut kedua menyatakan abdimas yang akan dilaksanakan berisikan pelatihan pembuatan roti, Pelatihan Pengembangan SDM, Pelatihan Akuntasi produksi, Pemasaran Digital, laporan keuangan. Pelatihan tersebut akan dilatih langsung oleh Dosen dalam tim abdimas sesusai dengan kompetensi yang dimiliki. (ays)

Berita lain_1:

Dosen Prodi DIM UT Abdimas Usaha Kopi dan Bisnis Roti Berbasis Digital

Leave a Reply

Your email address will not be published.