Dekan Fakultas Ekonomi UT, Dialog dan Memotivasi Mahasiswa Doktoral

Berita

Serang, Sejak beroperasi tahun 2020 program studi doctor ilmu manajemen Universitas Terbuka sudah mengantar mahasiswa pada penulisan program disertasi. Penulisan disertasi tersebut pada Universitas Terbuka dikenal dengan nama Tugas Akhir Program Doktor (TAPD) karena penulisan tersebut merupakan rangkaian akhir mahasiswa doctor manajemen untuk mendapatkan gelar doktor.

Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan kriteria minimal tentang kualifikasi kemampuan Lulusan, sebagaimana diketahui bahwa program doctor merupakan berada pada level 9 KKNI yaitu menguasai filosofi keilmuan bidang pengetahuan dan keterampilan tertentu.

Guna memastikan hal tersebut, termasuk kesiapan mahasiswa untuk penulisan TAPD, Dekan Fakultas Ekonomi Dr. Meirani Harsasi, S.E., M.Si. membersamai diri dengan Mahasiswa Doktoral yang teregistrasi pada UPBJJ-UT Serang, bertempat di Gedung Pertemuan kantor Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ-UT) Serang 13/05/2022.

Dekan yang hadir Bersama Ketua Program Studi Doktor Ilmu Manajemen  (Kaprodi DIM) Dr. Andriyansah, S.E.MM, menyampaikan bahwa kuliah pada program doctor itu mempunyai atmosfir yang sama diperguruan tinggi manapun. Mahasiswa perlu energi super turbo agar semangat tetap terjaga untuk persistensi meraih gelar doctor. 

Pada kesempatan yang sama Dr. Maman Rumanta, M.Si. selaku Direktur UPBJJ-UT Serang turut memberikan motvasi kepada mahasiswa yang registrasi pada UPBJJ yang dipimpinannya. Menurut Maman, Kuliah Doktoral itu memang sulit karena itu kita perlu teman, perlu pembimbing akademik dan tim promotor agar mengarahkan kita untuk dapat menyelesaikan Tugas Akhir Program Doktor (TPAD) dengan baik dan tepat.

Menyinggung mengenai Kebaruan (novelty) Kaprodi DIM menyebutkan bahwa hal tersebut  merupakan sesuatu yang mutlak ditemukan oleh mahasiswa program doctor dan kebaruan tersebut mberupakan suatu kekhasan sebagai pembeda Strata 3 (S-3) dari jenjang program studi lainnya. Mahasiswa jangan menghilang, jangan putus komunikasi dengan tim promotor. Jangan Goshting, hanya ada namanya digrup bimbingan namun tidak pernah respon. Jika seperti ini terjadi, itu merupakan indikasi “tinta printer habis” artinya tidak dapat cetak (print), kalau tidak dapat cetak sama artinya tidak menyelesaikan tugas. Untuk itu siapkan segala sesuatunya untuk mencapai finish, “Harap Andri”.

Leave a Reply

Your email address will not be published.