UT Padang Hadirkan Pakar Guna Optimalkan Kemampuan Mahasiswa Bidang Marketing dan Penulisan Artikel ilmiah

Berita

Bukittinggi, Berhasil mendapatkan pendanaan Pengabdian kepada Masyarakat bidang Kewirausahaan Mahasiswa, Universitas Terbuka Padang (UT Padang) mengambil langkah konkrit menghadirkan pakar pada bidangnya. Direktur UT Padang ‪Prof. Dr. Karnedi, S.S., M.A., menjelaskan bahwa pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa berwirausaha, oleh karena itu perlu dibekali materi bidang Marketing.

Manajer Bantuan Belajar dan Layanan Bahan Ajar (BBLBA) yang diberi mandat untuk membuka pelatihan yang dilaksanakan di Bukittinggi, Minggu 22/05/22. Pelatihan ini  menghadirkan narasumber yang memiliki kepakaran pada bidangnya dan  praktisi kewirausahaan. Adapun   modus pelatihan blended atau hybrid yaitu melalui media online dan tatap muka langsung, jelas Manajer BBLBA.

Materi pelatihan meliputi bidang marketing terdiri dari Packaging, Price,  Online Marketing, Customer Service. Pelatihan daring disii oleh Dr. E. Andriyansah., S.E., M.M., merupakan doktor pada bidang Marketing selain itu juga sebagai coach certified Marketing Praticioner. Berikutnyanya Dr. Rulinawati, S.Sos., M.Si., doktor pada bidang Administrasi Publik dan pengusaha butik, kos-kosan serta rental mobil. Sementara itu, pelatihan luring disampaikan oleh Dr. Fatia Fatimah, S.Si., M.Pd., yang merupakan doktor Matemamatika dan memiliki Certified Speakerpreneur dan Certified Motivator.

Peserta pelatihan adalah anggota tim PkM Kewirausahaan Mahasiswa yang lolos pendanaan dari Universitas Terbuak dengan judul proposal antara lain

  • Meningkatkan Spirit Kewirausahaan Mahasiswa dengan Menerapkan Nilai Jual Ergo-Ikonik  Kalirasa Selapan
  • Bisnis Reseler Jilbab Sebagai Usaha Milenial di Era Pandemi
  • MARKAS LO Makanan Sehat Bercitra Lokal Kreatifitas Mahasiswa Tingkatkan Makanan Sehat Semua Kalangan.

Selain pemahaman bidang marketing, pelatihan tersebut akan menggiring kemampuan mahasiswa dalam hal publikasi, tepatnya publikasi ilmiah.  Direktur UT Padang bahwa kegiatan ini juga akan melatih keterampilan mahasiswa untuk menulis publikasi artikel ilmiah sebagai bentuk luaran produk PkM.  Dimulai dari penulisan pendahuluan yang dilatih oleh Dr. Rulinawaty, S.Sos, M.Si. Selanjutnya penulisan kajian pustaka atau literatur review oleh Dr.E. Andriyansah, S.E., M.M., dan penulisan pembahasan dilatih oleh Dr. Fatia Fatimah, S.Si., M.Pd.

Sejalan dengan itu,  Manajer BBLBA berharap mahasiswa mendapatkan keterampilan dalam pengelolaan usaha dan mendesiminasikan karya dalam bentuk artikel ilmiah,  “Mahasiswa mendapatkan bekal untuk membuka lahan pekerjaan untuk orang lain sebagai bagian dari solusi bermasyarakat”, Ujarnya menutup diskusi dengan awak media ini.

Berita:

  • https://kabarpublik.id/universitas-terbuka-padang-pastikan-perkembangan-kewirausahaan-mahasiswa/2022/05/21/
  • https://kabarpublik.id/ut-padang-hadirkan-pakar-guna-optimalkan-kemampuan-mahasiswa-berwirausaha/2022/05/22/
  • https://padang.ut.ac.id/index.php/mahasiswa/kemahasiswaan/160-universitas-terbuka-padang-pastikan-perkembangan-kewirausahaan-mahasiswa
  • https://padang.ut.ac.id/index.php/mahasiswa/kemahasiswaan/161-ut-padang-hadirkan-pakar-guna-optimalkan-kemampuan-mahasiswa-berwirausaha

Leave a Reply

Your email address will not be published.