Learning Management System, UT jadi Preferensi

Berita

Pondok Cabe, Staff.ut.ac.id – Program studi Doktor Ilmu Manajemen (DIM) dengan pola atau modus pendidikan jarak jauh pertama dimiliki Indonesia saat ini hanya dikelola oleh Universitas Terbuka berdasarkan keputusan menteri riset teknologi dan pendidikan tinggi nomor: Nomor 790/KPT/I/2019 Tanggal 3 September 2019. Memasuki kalender akademik 20.1 progam studi doktor ilmu manajemen mengadakan kuliah umum melalui jaringan Sabtu, 25 Juli 2020 dengan pemateri  Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi periode 2014-2019 yang saat ini menjadi staf khusus Wakil Predisen Republik Indonesia, Prof. Drs. H. Mohamad Nasir, Ak., M.Si., PhD.

Pada kesempatan tersebut Nasir menyampaikan materi yang berjudul Digital Ekosistem Perguruan Tinggi di Indonesia. saat ini, tepatnya pada masa pandemi covid-19  Universitas Terbuka (UT) menjadi preperensi untuk kampus-kampus yang menyelenggarakan tatap muka. Mengapa? karena UT sudah memiliki Informasi Integritas Universitas (Integration of University Information) sehingga tidak terjadi kegaduhan dalam proses administrasi maupun pembelajaran.

Ada beberapa keunggulan dalam penyelenggaran dengan menggunakan LSM antara lain Proses pembelajaranan baik untuk peserta maupun dosennya, waktu pembelajaran yang flexibel serta dapat memenuhi keingginan stakeholder. Pembelajaran jarak jauh tidak sama dengan pendidikan pada umumnya karena ada sistem yang harus disesuaikan, bukan yang terjadi saat ini materi kuliah dipindahkan begitu saja secara online. hal jelas tidak sesuai dengan sistem atau modus pembelajaran jarak jauh yang berbasis teknologi.

Terkait dengan program studi doktor ilmu manajemen dengan sistem jarak jauh, saat ini yang pertama selanjutnya menjadi yang terdepan dalam berinovasi seperti menerapkan bilingual dengan lulusanya bukan hanya mahasiswa dari Indonesia saja.

Prodi DIM pada kesempatan yang sama juga menghadirkan Prof. Ojat Darojat, M.Bus., PhD yang saat ini menjabat sebagai Rektor Universitas Terbuka mengangkat judul Blockchain Technology in Distance Learning.

Lancarnya kuliah umum tersebut dipandu oleh moderator oleh Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Terbuka Prof. Dr. Ali Muktiyanto, S.E., M.Si. untuk materi lebih lengkap pembaca dapat mengikuti dengan URL berikut:

Leave a Reply

Your email address will not be published.