Pengelola Jurnal “Curhat” ke Rektor

Berita

” Penelitian dan Publikasi Sistem Pendidikan Jarak Jauh itu Fokus Kita, Sudah semestinya kita Mempunyai Jurnal Internasional yang Bereputasi tentang itu”

Tangerang Selatan, Staff.ut.ac.id– Sebanyak belasan Orang pengelola Jurnal dilingkungan Universitas Terbuka “curhat” Rektor Universitas Terbuka, Kamis 28/11/2019 di LPPM UT lt 2, Pondok Cabe.

Rektor saat memberikan arahan dan target pengembangan Jurnal-Jurnal UT

Kegiatan yang digagas LPPM-UT  untuk menjembatani pengelola jurnal dengan Rektor UT untuk mengambil langkah konkret pada tahun 2020.

Selain  para pengelola Jurnal.ut.ac.id hadir mendampingi Ketua LPPM-UT Prof Dr Karnedi MA yaitu Dr. Ake Wihadanto, S.E., M.T. (Sekretaris LPPM), Prof Dr M Gorky Sembiring MSc (Kepala Pusat Keilmuan), Dr. Trini Prastati, M.Pd. (Kepala Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat).

Sebelum menyampaikan kondisi jurnal dilingkungan UT, Ketua LPPM

Penyerahan Sertifikat Sinta oleh Pengelola Jurnal Pendidikan Dr. Suciati, M.Sc. kepada Rektor UT Prof Drs. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. di gedung LPPM Lt 2

terlebih dahulu memperkenalkan pengelola jurnal.ut.ac.id kepada Rektor. Dalam perkenalannya Karnedi menyampaikan bahwa saat ini banyak wajah baru dan semangat baru Jurnal UT, selain itu  Karnedi juga menjelaskan ada beberapa Jurnal dalam terbitan LPPM yang akan berindek Internasional, Jelas Guru Besar dari FHISIP Prodi Sastra Inggris Bidang Minat Penerjemah.

Sesi tanya jawab yang dipimpin lansung ketua LPPM, Pengelola Jurnal menyampaikan keinginannya untuk punya rumah yang mengurusi publikasi, selain itu pengelola jurnal menyerahkan  sertifikat Sinta (Science and Technology Index)  Jurnal Pendidikan yang dikelola oleh Prof. Dr. Suciati, M.Sc. telah berhasil naik peringkat ke-4 (sinta-4)

Menaggapi permintaan “rumah” untuk pengelola jurnal, Rektor Universitas Terbuka Prof Drs. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. meminta kepada ketua LPPM untuk segera membuat pusat Publikasi. Menurut Rektor Perguruan tinggi lain pun sekarang sudah banyak yang membuat pusat atau unit publikasi,

Suasana “Curha” Pengelola Jurnal

sehingga indek publikasi akan semakin meningkat.

Pusat Penelitian Keilmuan yang dikepalai oleh Prof Dr M Gorky Sembiring, MSc menyebutkan sudah ada dua prodi dilingkungan Universitas Terbuka yang menerbitkan jurnal ilmiah dengan kajian program studi masing-masing.  “Jurnal Jelalah dikelola Prodi Pariwisata dan Terbuka Journal of Economics and Business (TJEB) dikelola Prodi Doktor Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi. Semoga prodi-prodi lain akan segera menyusul”. Ucap Gorky.

Leave a Reply

Your email address will not be published.