Dies Natalis ke-35, Universitas Terbuka Gelar Ekspose Produk Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

“Penelitian dan Publikasi sudah menjadi indeks untuk penilian keterccapaian kinerja Universitas Terbuka,  melalui kegiatan ini semoga dapat  mendorong peningkatan peningkatan dan publikasi”

Pondok Cabe, staff.ut.ac.id – Bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2019, Rektor Universitas Terbuka Prof Ojat Darojat, PhD meresmikan pembukaan Dies Natalis ke-35 (Lustrum

Rektor UT Bersama Prof Atwi Suparman, Saat Mengunjungi Stan BP Geru (Bahan Pembelajaran Generasi Baru)

ke-VII).  Dalam pembukaan kegiatan ekspose penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan di gedung Universitas Terbuka Convention Center (UTCC). Penelitian saat ini sudah menjadi salah satu indeks untuk ketercapaian Universitas Terbuka, sehingga penelitian yang ada di lingkungan Universitas Terbuka akan dilebih didorong untuk pencapaian tersebut. “Universitas Terbuka mendorong semua civitas untuk meneliti dan mengeksplor ide-ide untuk keilmuan dan pengembangan institusi” ungkap Ojat panggilan akrab Rektor UT ini.

Selain itu,  rektor juga mengingatkan agar dosen Universitas Terbuka dapat meningkatkan publikasi ilmiah dari hasil penelitiannya, hal ini juga penting karena sejalan dengan indeks pencapaian kinerja  universitas tersebut.  Beberapa Produk yang ditampilkan pada kegiatan tersebut antara lain, Surat pencatatan Ciptaan Kekayaan Intelektual (HKI), Bahan Pembelajaran Generasi Baru (BP Geru), Produk pengabdian kepada masyarakat serta produk lainnya seperti poster, artikel yang sudah publis pada jurnal bereputasi mulai dari terindek hingga Q1 serta beberapa produk lainya yang merupakan karya Dosen Universitas Terbuka.

Ketua panitia pelaksana kegiatan ini Dr. Andriyansah, SE, MM dalam laporannya

Prof Gorky Sembiring, Menjelaskan Proses Mendapatkan Surat Pencatatan Hak Kekayaan Intelektual miliknya.

menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mempertemukan para peniliti sehingga dapat melakukan penelitian bahkan dapat publikasi artikel ilmiah lintas fakultas. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan sekaligus awal pembukaan kegiatan Dies Natalis atau Lustrum. Andri mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan sejarah baru, karena ini yang pertama kali dilakukan untuk menstimulus peneliti dengan melihat produk hasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk diekspose. Selain Produk ada juga presentasi dari beberapa peneliti yang menyampaikan hasil temuan mereka baik unuk sumbangan terhadap ilmu pengetahuan, juga terhadap pengembangan institusi Universitas Terbuka. “Semoga kegiatan ini dapat memacuh semangat peneliti dan memberikan sumbangan ide-ide baru dalam melakukan penilitian kedepannya” Ucap Andri mengakhiri laporannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *